3 Tips Menata Dapur Apartemen Yang Praktis Dan Maksimal

Apartemen sudah menjadi tempat tinggal alternative selain rumah tinggal. Bedanya, apartemen merupakan tempat tinggal vertical dalam bentuk gedung bertingkat dimana terdapat sejumlah unit tempat tinggal di setiap lantainya. Pada unit apartemen tipe 2 kamar tidur dan tipe yang lebih besar, hampir semua dari tipe-tipe tersebut mempunyai dapur meskipun ada yang menyatu dengan ruang keluarga. Untuk tipe 3 kamar tidur, terdapat ruang dapur yang terpisah dari ruang keluarga atau ruang tamu. Karena unit apartemen adalah tempat tinggal yang tidak bisa diperbesar, maka penataan ruang pada unit apartemen sebaiknya lebih diperhatikan dan didesain dengan matang. Hal ini untuk menghindari bongkar pasang yang bisa mengeluarkan dana cukup besar dan lebih rumit daripada merenovasi rumah tinggal yang terkadang mempunyai lahan lebih.

Tentukan Desain Kitchen Set Yang Tepat

Menata dapur apartemen sebenarnya bisa dikatakan dengan mendesain kitchen set. Mengapa? Karena kitchen set merupakan komponen terbesar dari dapur yang perlu didesain oleh desainer kitchen set agar desain kitchen yang dipasang di dapur sesuai ketersediaan ruang. Untuk itu, untuk mendesain kitchen, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema kitchen set dan melakukan survey lokasi untuk mengetahui ketersediaan ruang untuk kitchen set dan juga melihat tema ruang dapur.

Pilih Komponen Pendukung Dapur

Pada kitchen set sendiri pasti mempunyai komponen-komponen pendukung dan pelengkap seperti kompor, kitchen sink, tempat penyimpanan alat makan, dan lain-lain. Untuk tungku kompor yang dipasang lebih baik dipertimbangkan jumlah tungkunya. Kitchen dengan dimensi yang cukup panjang dapat menggunakan kompor tanam dengan 3 sampai 4 tunggu. kompor portable memang bisa digunakan dan lebih murah harganya daripada kompor tanam, akan tetapi kompor tanam akan lebih mempercantik sekaligus memberikan ruang lebih di sekitar tungku. Alas tungku kompor biasanya terbuat dari batu akrilik yang mengkilap dan berwarna hitam atau putih. Warna hitam merupakan warna netral dibanding warna putih yang mengharuskan kitchen didesain dengan warna putih juga.

Tipe Kompor Yang Praktis

Tipe kompor masak sekarang sudah mempunyai sumber energy selain gas. Sumber energy untuk masak bisa menggunakan listrik. Kompor listrik ini mempunyai beberapa kelebihan daripada kompor gas. Kompor listrik tidak yang tidak menggunakan gas tidak akan menghasilkan api dalam memasak. Kompor listrik ini menggunakan gelombang energy yang dikonversi menjadi energy panas jika gelombang panas ini melewati material tertentu. Sistem ini tidak jauh berbeda dengan sistem pemanas pada microwave listrik. Kelebihan lain penggunaan kompor listrik adalah aman untuk tangan. Dalam kondisi menyala, kompor listrik tidak akan membuat tangan menjadi panas dan terbakar. Pada kompor gas, dibutuhkan alas untuk memberikan jarak antara kompor dan panci. Hal ini untuk memberikan ruang pada gas yang keluar agar diubah menjadi api. Pada kompor listrik, panci yang digunakan untuk memasak tidak perlu diberi penopang, cukup dengan meletakkan panci di alas kompor.

Dalam menata ruang dapur atau kitchen set, yang harus diperhatikan adalah jumlah alat masak. Mungkin tidak sulit untuk membeli alat masak atau menambah peralatan masak. Akan tetapi, semakin banyak Anda membeli alat masak, semakin sulit Anda menyimpan alat masak tersebut oleh karena tidak bertambahnya ruang penyimpanan alat masak tersebut. Maka dari itu, lebih baik menentukan berapa jumlah alat masak yang paling berpeluang untuk digunakan dengan memperhatikan ketersediaan ruang pada kitchen set atau dapur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *