15 Desain Rumah Minimalis Modern yang Bisa Anda Coba

Ulasapartemen.com – Jika Anda mempunyai impian untuk memiliki rumah besar yang mewah, dan mengesankan sebaiknya anda berpikir ulang. Kebanyakan orang berandai-andai tentang rumah minimalis mewah yang besar, sering kali dirancang secara berlebihan dengan berbagai gaya, warna, bentuk, dan corak yang tidak sesuai. Namun, kebanyakan orang dengan ekonomi sedang hanya mampu membeli satu unit rumah seumur hidup mereka sehingga biasanya mereka akan berupaya semaksimal mungkin untuk merenovasi rumah mereka sesuai dengan rumah yang mereka idam idamkan. Tanpa disadari mereka menciptakan kekacauan, kekecewaan dan hasil akhir yang tidak diinginkan. Area yang hijau disekitar rumah juga membuat tampilan desain rumah minimalis modern menjadi indah dan sejuk. Pembuatan area yang hijau ini memberikan kesan bahwa rumah anda luas dan sedap untuk dipandang.

Teras rumah juga bisa digabungkan dengan area hijaumu karena hal pertama yang akan dilihat oleh tamu adalah bagian depan yaitu teras rumah. Selain itu jangan menaruk furnitur yang berlebihan karena akan memberikan kesan berantakan dan terlihat sempit. Hal terpenting dalam pembangunan rumah minimalis modern adalah bagaimana anda bisa memanfaatkan lahan yang ada semaksimal mungkin.

Dan juga gunakanlah jasa arsitektur agar anda tidak kecewa dengan desain rumah yang akan anda bangun. Lahan yang semakin terbatas membuat rumah berukuran semakin kecil, atau sering disebut dengan rumah minimalis yang kini semakin diminati masyarakat. Namun, bukan berarti rumah minimalis yang berukuran kecil tidak nyaman untuk ditempati. Alangkah lebih baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan arsitektur sebelum membangun sebuah rumah. Desain rumah minimalis modern tidak hanya dilihat dari bentuknya saja, tetapi komposisi didalamnya juga harus diperhatikan agar kesan minimalis tetap ada didalam rumah.

Tips Desain Rumah Minimalis Modern Rekomendasi Untuk Membangun Rumah

1. Beli Perlengkapan Rumah Tangga yang Unik
2. Sekarang sudah tersedia berbagai jenis perabotan yang unik, baik dari segi bentuk maupun warna. Desain rumah minimalis modern, juga harus memiliki konsep perabotan atau pajangan yang memiliki bentuk yang sederhana tetapi unik. Jadi, walaupun serba minimalis, Anda tidak akan merasa bosan.
3. Desain rumah minimalis cenderung geometris
4. Desain rumah minimalis modern umumnya berbentuk geometris, yaitu kubus. Di dunia arsitektur, gerakan minimalisme diawali oleh De Stijl dan Bauhaus di era 1920-an. De Stijl mengedepankan abstraksi dan mengurangi ornamen-ornamen seni untuk kembali ke bentuk dan warna, sedangkan gerakan Bauhaus mempromosikan produksi massa serta perpaduan seni dan kerajinan dengan teknologi. Bentuk geometris adalah bentuk dasar rumah yang dikenal manusia sejak berpuluh tahun silam.
5. Ringkas dan bersih
6. Rumah yang ringkas dan bersih tentunya juga akan membuat anda merasa nyaman dan betah di rumah, maka jagalah kebersihan dan kerapian rumah anda. Rumah mencerminkan pribadi sang pemilik rumah. Jika rumah itu bersih berarti pemiliknya juga suka menjaga kebersihan begitupula sebaliknya. Agar barang barang tidak terlihat berantakan desain rumah minimalis modern perlu dilengkapi dengan tempat penyimpanan barang disemua ruangan. Dapur sebagai pusat aktivitas berat di rumah seringkali tak terhindarkan dari sampah-sampah yang berserakan. Oleh sebab itu rumah minimalis memerlukan ruang penyimpanan yang besar dan tidak menghambat lalu lalang penghuni rumah.
7. Kohesifitas
8. Kohesifitas adalah kesinambungan antar elemen dengan cara sederhana. Usahakan agar potongan elemen-elemen dalam ruangan tampak sama dan saling menyatu, lebih sedikit warna, dan tidak terlihat tumpang tindih.
9. Utamakan kualitas daripada kuantitas
10. Anda juga harus memikirkan secara matang benda apa saja yang akan ditata dalam ruangan sebelum membelinya. Anda harus lebih bijaksana dalam memilih furnitur, furnitur yang harus anda pilih adalah furnitur yang tahan lama dan tidak sulit untuk dipindahkan. Desain rumah minimalis selalu maksimalkan keadaan.
11. Ruang kosong dan titik perhatian
12. Ruang kosong merupakan bagian yang penting dari sebuah rumah minimalis. Ruang kosong adalah realisasi dari filosofi gaya minimalis. Akan tetapi tidak ada kehidupan di dalam ruang yang kosong. Dengan demikian, ruang kosong tidak lengkap tanpa elemen penting lainnya, yaitu titik perhatian atau focal point.
13. Bermain dengan pola
14. Walaupun rumah minimalis modern menerapkan prinsip kesederhanaan, itu bukan berarti kita tidak bisa mengaplikasikan pola didalamnya. Pola bisa diaplikasikan pada furnitur, dekorasi interior rumah, dan juga dinding rumah. Pola yang cocok untuk rumah minimalis adalah pola yang tidak rumit, bewarna yang senada dan tidak mendominasi ruangan.
15. Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik
16. Jika rumah anda menghadap ke arah terbitnya matahari, hal itu sangat bagus karena anda bisa mendapat manfaat dari sinar matahari pagi. Selain bagus untuk kesehatan, hal tersebut juga bisa mengurangi kelembaban yang ada didalam ruangan. Dengan memaksimalkan penggunaan ventilasi udara, anda juga dapat menghemat penggunaan pendingin udara.

Demikian tadi artikel terkait Tips Desain Rumah Minimalis Modern. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan untuk anda. Selamat berkreasi

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of