Desain Apartemen Modern Yang Menarik Dan Trendi

Teknologi semakin canggih telah ditandai dengan berbagai perkembangan teknologi setiap bidang. Teknologi terkini yaitu smartphone sudah banyak digunakan oleh manusia dalam kesehariannya. Tempat tinggal juga semakin menjadi pintar oleh karena teknologi yang selalu mendukung adanya peningkatan kenyamanan manusia. Pengembang apartemen dan tempat tinggal akan mendesain apartemennya dengan desain apartemen modern. Berbagai fasilitas yang membutuhkan teknologi disertakan dalam pembangunan dan pengembangan apartemen di Indonesia, khususnya di Jakarta. Teknologi sendiri tidak serta merta berkaitan dengan dunia informasi teknologi, atau IT. Desain yang menganut apartemen modern juga dikembangkan dengan desain apartemen dengan sistem yang maju. Teknologi diciptakan untuk membantu manusia, menciptakan kenyamanan dan keamanan yang setara dengan harga yang dikeluarkan. Misalnya, lift pada apartemen akan selalu diperlukan untuk akses naik dan turun para penghuni. tidak ada seorang pun yang mau menggunakan tangga manual saat mau naik atau turun dari lantai 10.

One Stop Living

Salah satu desain apartemen modern tidak selalu menjadi apartemen yang mahal dan mewah. Prinsip apartemen modern salah satunya yaitu one stop living, dimana para penghuninya dimanjakan oleh pengembang apartemen dengan cara memberikan segala keperluan sehari-hari mereka di area apartemen tersebut. Hal ini dapat mencegah adanya mobilisasi penduduk keluar dari lingkungan apartemen tersebut dan hanya beraktifitas di area apartemen. pengembang sudah memikirkan bahwa lantai dasar dapat digunakan sebagai kios pendukung para penghuni agar penghuni dapat menemukan dan membeli kebutuhan mereka hanya dengan turun dari lantai unit mereka.

Smart Home

Smart home dalam arti Bahasa Indonesia adalah rumah pintar. Rumah pintar dalam hal ini adalah rumah yang dapat memberikan informasi keadaannya kepada pemilik rumah tersebut. Smart home bisa diaplikasikan ke apartemen sama mudahnya jika diaplikasikan ke rumah biasa. Pemasangan cctv yang mampu memberikan alarm saat ada pergerakan di unit apartemen merupakan salah satu bentuk smart home. Alarm tersebut akan langsung dikirim ke pemilik unit apartemen melalui smartphone mereka. Dengan menggunakan smartphone, mereka dapat memeriksa atau melihat kondisi aktual di unit mereka tanpa perlu memberi tahu pihak keamanan yang ada di lobi lantai dasar. Teknologi telah digunakan di apartemen Green Pramuka City.

Automation

Automation merupakan salah satu bentuk smart home. Teknologi ini dikembangkan untuk melakukan kegiatan tanpa perlu diperintah oleh pemilik unit apartemen. Salah satu bentuk automation adalah otomatis hidup dan matinya lampu ruangan hanya dengan sensor gerak yang dideteksi oleh alat pendeteksi gerak yang terdapat pada lampu penerangan. Bentuk lain dari automation adalah sistem kelistrikan yang dikontrol oleh AI dengan mendeteksi pemilik unit akan menuju unit tersebut. AI yang pada computer tersebut akan mendeteksi dengan bantuan GPS dimana pemilik unit telah melakukan perjalanan menuju apartemen.

Salah satu automation dan desain apartemen modern adalah sistem voice command yang bisa diterapkan di apartemen dengan cara memasang perangkat pendeteksi suara yang disambungkan ke kelistrikan dan elektronik yang ada di unit tersebut. Hanya dengan memberi perintah lewat suara, perintah pemilik unit akan diproses oleh AI computer dan selanjutnya akan memproses kegiatan yang sesuai dengan yang diperintahkan oleh pemilik. Salah satu contoh, perintah “nyalakan TV” akan diproses oleh AI computer dan televisi yang ada di unit akan menyala dengan sendirinya. Dan juga saat diberi perintah volume naik dan turun, maka suara dari TV yang dimaksud akan berubah dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *